Manajemen Puskesmas–Pendahuluan (2)

Aside

Nah bagian berikutnya secara umum dulu dijelaskannya adalah MANAJEMEN PUSKESMAS. Proses yang dinamakan Manajemen sebenarnya juga terjadi baik di UKP atau Pelayanan Kesehatan. Karena itu juga disebut sebagai Manajemen Pelayanan Kesehatan. Hal-hal kecil seperti penjadwalan petugas, informasi retribusi pelayanan, persiapan dan kecukupan alat, buku-buku atau aturan standar pelayanan adalah 4  contoh yang mewakili man, money, material dan method secara sederhana. Belum lagi alur pelayanan, supervisi pelayanan dan lainnya.

Begitu pula di Upaya Kesehatan Masyarakat, ada proses manajemen yang sering disebut Manajemen Program. Dan ini tiap program berbeda sendiri-sendiri. Contoh di Peningkatan Kemandirian Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat. Ada kegiatan peningkatan kemandirian Posyandu. Ada waktu yang digunakan untuk menilai sendiri kemandirian posyandu, kemudian penggolongan menjadi strata, menyusun dokumen ARRIF untuk persiapan melakukan intervensi, pelatihan, pembinaan dll yg merupakan upaya peningkatan dan evaluasi. Contoh tersebut bisa terjadi lebih rumit di program lain, atau juga lebih mudah. Di TB Paru ada DOTS, di Kusta ada LEC, di Kesehatan Ibu ada P4K atau GSI, di Penyehatan Pembuangan Kotoran ada STOPs, di Penanggulangan Gizi Buruk ada TFC dan CFC, dan  seterusnya dan seterusnya. Kadang bentuk manajemennya ada tapi tidak ada namanya seterkenal nama-nama di atas.

Jadi yang dimaksud Manajemen Puskesmas disini adalah proses-proses yang dinilai cukup besar untuk berdiri sendiri dan memang merupakan proses yang lintas program. Contohnya : Manajemen Personalia. Ada yang prosesnya tidak sekedar penjadwalan petugas. Misalnya : Pengadaan, Pelatihan, Pemenuhan Hak dan Kewajiban seperti Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala, Penyusunan DUPAK dll.

Maka secara umum, MANAJEMEN PUSKESMAS terdiri dari :

  • MANAJEMEN OPERASIONAL
    • P1 – PERENCANAAN
    • P2 – PENGGERAKAN PELAKSANAAN
    • P3 – PENILAIAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN
  • MANAJEMEN SUMBER DAYA
    • MANAJEMEN PERSONALIA
    • MANAJEMEN KEUANGAN
    • MANAJEMEN SARANA PRASARANA
    • MANAJEMEN OBAT DAN PERBEKALAN KESEHATAN
    • MANAJEMEN ARSIP
    • MANAJEMEN PERBAIKAN MUTU
  • MANAJEMEN INFORMASI SISTEM

Doh Confused smile ! Banyak juga urusannya kerjaan manajemen ini yach ..

Secara umum dulu  .. Manajemen Operasional mengikuti pola POAC. Plan-Organizing ada di P1, Actuating di P2, Controling di P3. Sedangkan Manajemen Sumber Daya mengikuti pola Man, Money, Material dan Method. Personalia dan Keuangan langsung cocok. Sarana Prasarana dan Obat – Perbekalan cocok dengan Material. Atau kalo mau dipanjang2in jadi Machinery dan Material. Sedangkan Method diwakili dengan Pengendalian Arsip dan Perbaikan metode yang dilakukan pada proses KBK (Kelompok Budaya Kerja) di Perbaikan Mutu.

Manajemen Informasi Sistem, sebenarnya ada di tiap unit maupun program, jadi dipisahkan tersendiri agar terkoordinasi. Di dalamnya ada Pemeliharaan Hardware, Software dan Brainware.

Demikian secara umum. Nanti akan saya usahakan menulis masing-masing komponen Manajemen Puskesmas tersebut satu persatu.

Sampai ketemu lagi. High five 

About these ads

11 thoughts on “Manajemen Puskesmas–Pendahuluan (2)

  1. sip sip sip…
    Jarang-jarang dokter yang mau nulis semacam ini… Terus menulis Mas Agus..
    Dukung 100 %
    Ntar kalo udah lengkap, bikin versi PDF lengkap dengan covernya… niscaya bermanfaat.
    Ini Buku Saku terbaru tentang Home Care Seri Pertama, yang baru selesai saya tulis:
    http://www.docstoc.com/docs/57145391/Protap-Home-Care
    Mas Agus orang pertama yg saya kirim … *isinya belum saya edit* …hehehe….

    • Sip.. sip .. dah saya download .. dan moga-moga bisa berguna juga buat yang lihat saya download .. karena diumumin di facebook *ngga bisa nyolong-nyolong nih downloadnya* xixi ..

      Maunya gitu .. mau saya bikin versi buku saku. Tapi dijual xixixi laku ngga .. mana ada yang mau tahu urusan ini .. apalagi temen-temen yang merasa lebih secara keilmuan untuk mengelola puskesmas wakakaka *nostalgia posting hal-hal aneh* :D

  2. Artikel yg menarik Pak Dokter. Banyak orang bisa melakukan hal hebat, tapi belum tentu mampu menuliskannya. Saya ikutan menyedot ilmunya Pak….
    Terima kasih….

    Hartono

  3. Syafii

    Menarik pak dokter. Saya memang sedang browsing materi2 tent pusk karena ada niat buat perda tent pengelolaan puskesmas. kayaknya dokter bisa bantu nih.. Nuwun

  4. mira

    Salam kenal dok. Saya tertarik dok,karena saat ini pkm saya mau ditingkatkan menjadi puskesmas rawat inap. Jadi bingung menghitung keperluan tenaganya. Bisa minta file WISN nya? Makasih

    • Sebenernya kalo peningkatan pelayanan baru agak ngga cocok menggunakan WISN. Kan memang yang ngerjakan pekerjaan yg mau dihitung belum ada. Berapa jumlahnya pasiennya juga belum ada. Saya usulkan kembali ke DSP 1990 dulu dengan segala perhitungan yang lebih memungkinkan. Misalnya kalo DSP yg udah kebangetan tua itu memang perawat cuma 1, 2 .. tapi sesungguhnya jadwal jaga petugas paramedis yg masuk akal membutuhkan 10 org minimal. Ini berarti 6 on sehari, 2 jatah libur dan 2 cadangan. Ini hitungan berdasarkan pengalaman saja. Ngga ada aturan resminya. Tapi kalo kita dapat segitu akan lebih mudah untuk awal. Baru nanti kalo ada piket PONED sendiri, apotek sendiri, dapur juga sendiri, seperti di puskesmas kami ini setelah menjalani 4 tahun menjadi puskesmas perawatan. :D

  5. rakyat kecil

    Kami pasien rawat inap dengan jaminan kesehatan miskin di puskesmas daerah probolinggo sebelah timur, kami merasa biaya kesehatan semakin lama semakin mahal sekalipun memiliki jamkesmas, sebagai contoh pemeriksaan lab diluar jamdinas selalu ke swasta, dan obat2 beli dg harga selangit bagi kami, sampai2 kami merasa rawat inap di puskesmas sama mahalnnya dengan di rumah sakit. saya berharap anda bisa merubah menejemen puskesmas tersebut. Tentunya bila anda terpilih ke pkm tersebut dalam waktu dekat ini. semoga menejemen puskesmas tersebut dapat meringankan dan memberikan kenyamanan bagi kami masyarakat kalangan bawah ini. terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s